HARIMAU, HARIMAU! [NEW! + Plus]

ADA BEBERAPA PERISTIWA YG TERJADI PENGALAMAN BOBBY BERTEMU DG HARIMAU ATAU SETIDAKNYA BERHUBUNGAN DG HARIMAU.

1.KELAS 2 SMPS, SAAT MASIH SEMESTER PERTAMA, IA PATAH HATI KARENA DIPUTUS OLEH PACARNYA : YULIANA, GADIS BOYOLALI YG IA KENAL SAAT JAMBORE DAERAH KE V DI BOYOLALI. MUNGKIN SAKING KALUTNYA IA, LALU IA PAMIT KEPADA IBUNYA AKAN HAIKING/CAMPING, NAMUN DALAM HATINYA IA MUNGKIN TIDAK KEMBALI LAGI HINGGA IA SENGAJA BERPAMITAN DAN MENCIUM PIPI IBUNYA , YG SAAT ITU MASIH BEKERJA DI DANAR HADI.

LALU PAS MAU BERANGKAT, IA YG SEMULA AKAN BERJALAN KE ARAH UTARA [SEMARANG/MERBABU], JADI BATAL KARENA BERTEMU DG TEMAN2 DAN GURU NYA DARI PERGURUAN YASSIEN, YG AKAN CAMPING DI SARANGAN TAWANGMANGU.

AKHIRNYA IA MALAH IKUT ROMBONGAN ITU, MELAKUKAN HAIKING KE ARAH TAWANGMANGU. SETELAH MELALUI BERBAGAI KESULITAN [KURANG BEKAL DAN CAPEK JAUHNYA PERJALANAN YG MENANJAK DG JALAN KAKI, MEREKA SAMPAI JUGA DI TAWANGMANGU.

NAMUN RENCANA NAIK KE SARANGAN BATAL DAN MEREKA MEMILIH CAMPING DI KALISORO. MALAMNYA ADA PERISTIWA GAIB ATAU MEMANG BUKAN? KAWAN2 BOBBY YG MASIH SENANG KELUYURAN, PAS MAU ISTIRAHAT DI TENDA TAK BERANI MASUK TENDA , KATANYA MEREKA MELIHAT SEEKOR MACAN TUTUL MASUK KE TENDA ITU. PADAHAL DI DALAM SITU HANYA BOBBY MEIDIANTO SEORANG YG TIDUR DI SITU [ENTAH CERITA INI BENAR2 ATAU TIDAK], SEBAB BOBBY MEMANG SEDANG TIDUR KARENA CAPEKNYA DAN GELISAH SERTA SEDIH BANGET PATAH HATI.

NAMUN KAWAN2 NYA HERAN SEBAB SAMPAI LAMA KOQ MACAN ITU TIDAK KELUAR LAGI DAN TIDAK TERDENGAR JERITAN BOBBY, YG MUNGKIN PASTI DI MAKAN MACAN ITU, KALAU MACAN ITU TIDAK IKUTAN TIDUR DI SITU KELONAN AMA MAS BOBBY [ITU MACAN CEWE APA? KOQ DI KIRAIN MAU KELONAN AMA MAS BOBBY?].

LALU AKHIRNYA MEREKA BERANIKAN DIRI MENENGOK KE DALAM TENDA ITU DAN KAGET KARENA YG ADA DI SITU HANYALAH MAS BOBBY SEORANG DIRI DAN  MASIH ASYIK NYENYAK TIDURNYA, HINGGA MEREKA PUN IKUTAN LALU TIDUR BERDESAKAN SEKALIAN MENGHILANGKAN HAWA DINGIN, DAN MEMBUAT MASBOBBY TERBANGUN SEBENTAR DAN TIDUR LAGI. NYEM …NYEMM… UAAAHHH, MASIH NGANTUK,… PADA NGAPAIN SEH? GITU KALI PIKIRNYA.

2. MASIH SOAL PERKEMAHAN DI KELAS DUA ITU, BULAN DESEMBER NYA  DARI SEKOLAHAN MAS BOBBY ITU ADAKAN PERKEMAHAN DI CEPOGO BOYOLALI. DI SINI JUGA TERJADI LAGI HAL SERUPA , NAMUN YG MASUK KE TENDA KALI INI BUKAN MACAN TUTUL NAMUN MACAN LORENG. JUUGA BIKIN KAGET KAWAN2 SEREGUNYA DAN DARI TENDA2 DI DEKATNYA [ENTAH BENAR ENTAH TIDAK, SEBAB BOBBY SENDIRI JUGA HANYA TAHU DARI CERITA TEMAN2NYA].

3. UNTUK YG KETIGA KALINYA IA LAKUKAN HAIKING NAMUN KALI INI BERJALAN SENDIRIAN, DARI SOLO, CEPOGO, SELO, BLABAK , MAGELANG,AMBARAWA, BAHKAN SAMPAI BANYU BIRU, AMBARAWA, SEMARANG. LALU PULANG. BARU SAMPAI DI CEPOGO, LAGI, IA SAAT ITU MASIH LAKUKAN PERJALANAN , JAM BARU MENUNJUKKAN PUKUL SEPULUH MALAM, JALAN SUDAH BERASPAL NAMUN TANPA LAMPU HANYA SESEKALI MOBIL LEWAT.

TAU2 BOBBY MEIDIANTO, TAK SENGAJA MENOLEH KE BELAKANG DAN IA KAGET MEIHAT SEEKOR HARIMAU LORENG  BERDIRI DALAM JARAK KURANG DARI LIMAPULUH METER. HARIMAU ITU JUGA BERJALAN KEARAHNYA NAMUN SETELAH MELIHAT BOBBY BERHENTI IA JUGA BERHENTI DAN DUDUK SEPERTI KUCING.

BOOBY TERSENYUM SAAT ITU KETIKA HARIMAU ITU SEPERTI MELAKUKAN PERNGHORMATAN SPERTI HARIMAU DLM SIRKUS DAN BOBBY MENJAWABNYA DG MENGUCAPKAN SALAM.

LALU TATKALA BOBBY MELANJUTKAN PERJALANAN IA INGAT KALAU HARIMAU SUKA MENYERANG ORANG DARI BELAKANG, LALU IA MENOLEH LAGI, DAN IA LIHAT HARIMAU ITU TIDAK BRANJAK SEDIKITPUN , SEDANGKAN KALAU IA MAU DARI TADI SUDAH BOBBY DI KEJARNYA DAN DI TERKAMNYA.

LALU SAAT KEDUA KALI BOBBY MENOLEH KE BELAKANG HARIMAU ITU TIDAK LAGI KELIHATAN DI SITU. BOBBY BERPIKIR, KALAU IA MAU PASTI AKU SUDAH MATI DARI TADI. ATAU, APA IA AKAN MENUBRUKKU DARI KE GELAPAN, MENDEKATIKU TANPA AKU TAHU? BIARLAH, MUNGKIN CERITA MAHESA JENAR LAWAN HARIMAU JADI AKU PRAKTIKAN DI SINI SUNGGUHAN, AKU KAN JUGA BISA SASRA BHIRAWA, PIKIRNYA.

TAPI UNTUNGLAH SAMPAI IA MENGINAP MALAM ITU DI RUMAH SEORANG PENDUDUK SETELAH JALAN KAKI LAGI 2 JAM ITU, DAN MALAM2 BERIKUTNYA TIDAK TERJADI SESUATU.

4.TAHUN 2002/2003, IA PERGI KE TAMAN JURUG, BERSAMA ANAK KE DUANYA PRAMUDYA WARDHANA DAN BERMAIN-MAIN DI SANA. IA  LALU MENGAJAK DHANA ITU KE KANDANG HARIMAU, DAN LALU IA MENDUDUKKAN ANAKNYA ITU DI SEBUAH BTU BESAR. LALU IA MEMANGGGIL MACAN LORENG, Y LANGSUNG MENDEKAT DAN LALU IA ELUS2 DIHADAPAN ANAKNYA ITU. RUPANYA SINGA DAN MACAN TUTUL DI SITU TIDAK MAU KETINGGALAN, MEREKA JUGA IKUTAN MENDEKAT DAN MINTA DI ELUS BERGANTIAN, BAHKAN TANGAN BOBBY MEIDIANTO DI JILATINYA. DHANA TAMPAK SEANG SEKALI MELIHAT HAL TERSEBUT. DI SITU ADA BEBERAPA ANGGOTA POLTABES SOLO, DUA LAKI2 DAN SEORANG POLWAN.

SEHABIS KEJADIAN ITU DHANA DAN BOBBY KE MAINAN AYUNAN DAN SERODOTAN/PLOROTAN DAN POLWAN YG TADI MELIHAT ITU, RUPAYA KESENGSEM DENGAN BOBBY DAN IKUT MAIN BERSAMA BOBBY DAN DHANA.

ASYIK DEH… MAU JUGA TUH SBENARNYA, CUMA MAS BOBBY MALU TANYA NAMA DAN ALAMAT, NAMUN IA INGAT NAMA YG TERTULIS DI DADA POLWAN ITU….[IDIH MAS BOB, KALAO KETAHUAN ANITA ATAU CINTHIA, KAU  GENIT GITU GIMANA? HE …HE….].

LALU PAS MAU PULANG IA DAN DHANA MASIH MAIN2 DI KANDANG GAJAH. MAS BOBBY MASUK KEKANDANG GAJAH DAN MEMBERI MAKAN GAJAH2 ITU DG BEBRAPA KETIMUN DAN KELAPA YG IA BELI.

***

Tambahan yg belum ada namun pernah di tulis di Buku yg untuk Meutya Hafid & Surat Untuk Jendral Wiranto, di tahun 2007.

Suatu Ketika Bobby Meidianto dg Seorang kawan dari SPG Neg. Solo bernama EKO INDRADI [sama2 dari Saka Bhayangkara Solo], berdua melakukan Haiking ke KOPENG. Sampai di sana Sore [Magrib]. Lalu setelah istirahat makan malam, mereka sepakat untuk melanjutkan perjalanan ke Bukit Telomoyo [Tejomoyo] 5 Km dekat situ.  Bobby ingin ke Bukit itu sebab tau dari Kekasihnya Yuliana yg di Boyolali yg pernah bersama keluarganya ke situ.

Lama mereka berdua berjalan hingga sampai di pertengahan jalan. Gak terasa jalan tanjakkan itu sebab malam dan cuaca sebenarnya dingin sekali, dan asyiknya ngobrol.

Namun seketika tiba2 Bobby Meidianto berhenti berjalan dan Diam.  Eyangnya mendadak muncul di situ menurut penglihatan Bobby, dan berkata; ” ojo nglirwakke keslametan ngger, mulato sak kiwo tengenmu saiki!” .

Bobby terdiam bingung.  Tapi ia segera merasakan adanya suatu ancaman bahaya , sementara Eyangnya telah menghilang.

Ia melihat kabut tebal di depannya seakan, tak boleh ia lewati/lanjutkan perjalanan.  Mendadak hidungnya mengendus bau yang khas dari suatu makhluk yang lain, seperti bau kain terbakar, kurang gitu jelas sebab angin kearah belakangnya.

Penunggu bukit ini??? Tapi…ini bukan bau dari semacam makhluk halus begitu pikirnya.  Eyang nya tadi peringatkan ia dan ….kebimbangan mulai menyelimuti hatinya.

“ada apa Bob? Koq Diem? tanya Eko Indradi. Di jawab… Ga pa pa koq, kamu lihat kabut itu??? kaya ada yang aneh…kita turun dulu mau ga???

Eko barangkali mentertawakan Bobby saat itu, belum pernah ia mungkin berpikir, ada seorang kawannya yang ternyata kecil nyalinya, cuma mendaki bukit yang hanya berisi Tower Relay TV aja , kaya mendaki gunung gawat sekali, jalan disitupun udah diaspal licin dan enak.

Bobby Mendadak Menyalakan senternya ke beberapa arah di bawah [jurang dan ke atas tebing]. Tiba2 ia melihat dua buah bintik hijau menyala, mirip kunang, namun Bobby segera berpikir, Ya Allah, rupanya itu dia, ia coba arahkan senternya lebih fokus lagi, dan benarlah ia lihat bayangan hitam, dekat dua bintik sinar itu.  ” Benar…itu telinga….Macan Kumbang???!!! Tak kudengar ia menggeram/mengaum, tapi, ia mengintai kami, terdengar lagi suara di telinganya…. I’ …nyawa kamu & temanmu bisa jadi hanya dalam hitungan menit.  Cepat ambil tindakan & selamatkan diri.

Bobby segera bilang kepada Eko Indradi untuk membuka ransel di punggungnya dan mengambil sebilah parang yang ia pinjam dari pacar satunya lagi SRI PURWANI SMPS adik kelasnya. Ia sendiri tetap arahkan senter itu kearah makhluk yg ia lihat itu.

Ia tidak katakan apa yg ia lihat kepada Eko, kawatir Eko lari dan terpencar darinya, kalo ga apes di tubruk macan itu duluan ya, jatuh ke jurang nanti sama2 berabenya. Baginya lebih baik ia yang jadi sasaran Macan Kumbang itu dari pada Eko.

Stelah parang itu keluar segera ia ikatkan di piggangnya dan, ia ajak Eko jalan mundur sambil turun sampai ia kasih aba2 dan balik badan lalu lari turun bukit itu secepat2nya. Jarak dari situ ke desa hampir dua km.

Ketika persis di tempat bertemunya jalan turun naik bukit itu dan jalan desa setempat, Gemparlah suaranya hingar bingar. Harimau itu atau yang lainnya bertemu dg kawanan babi hutan dan mereka berkelahi???

Bobby & Eko, tidak hiraukan itu , mereka masih terus lari secepat-cepatnya hingga sampai lokasi mereka makan. Namun bukannya mereka berdua itu pucat, malah berdua ketawa cekikikan sambil lari, mulai sejak Babi hutan itu bertempur lawan macan itu.

Eko Indradi tidak bertanya banyak apapun soal itu, namun ia heran bercampur kagum, atas, kecerdikan dan kecermatan Bobby Meidianto, yang justru itu menyelamatkan Mereka Berdua.

Akhirnya mereka berdua tidur di Masjid dekat situ dan paginya memutuskan untuk pulang.

Itupun masih ditambah Bobby demontrasi pukulan jarak jauhnya merobohkan dua pohon kelapa, yang terlihat di arah kota Salatiga Pasar Sapi, yang berjarak kurang lebih 16 km dari Kopeng itu.

Weleh-weleh….



Comments Off on HARIMAU, HARIMAU! [NEW! + Plus]
%d bloggers like this: